Ganjar: Pemenangan Jateng, PDI-P Evaluasi Pilgub Jabar dan Sumut

Written By bopuluh on Jumat, 08 Maret 2013 | 02.33

SEMARANG,KOMPAS.com- Bakal calon Gubernur Jawa Tengah yang diusung PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menegaskan kekalahan calon partainya pada Pemilu Gubernur (Pilgub) di Jawa Barat dan Sumatera Utara, akan menjadi evaluasi pada Pilgub Jawa Tengah. Tapi, dia pun menegaskan setiap daerah punya ciri khas dan karakter tersendiri.

"Beberapa catatan memang penting untuk pembelajaran dan evaluasi, untuk apa yang akan berjalan berikutnya," kata Ganjar, usai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr Kariadi Semarang, Jumat (8/3/2013). Tapi ia mengatakan ada perbedaan karakter di setiap wilayah, termasuk Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, maupun Jawa Tengah.

Salah satu bahan evaluasi, sebut Ganjar, adalah fenomena survei yang selalu menempatkan pasangan dari partainya di peringkat tiga. Namun, hasil yang didapat ternyata beragam, seperti di DKI Jakarta yang terbukti dimenangkan Jokowi, sementara di Jawa Barat dan Sumatera Utara hanya menempati peringkat kedua. "Akan dievaluasi apakah itu dari ketokohan, program, atau media. Karena pilkada di setiap daerah itu tidak ada yang sama," uja dia.

Menurut Ganjar, mesin partainya sudah berjalan dan berkonsolidasi demi pemenangannya dalam Pilgub Jawa Tengah. Rencananya, PDI-P akan menggelar konsolidasi terkait Pilgub Jawa Tengah, di Solo, Sabtu (9/3/2013). Selain harus berhadapan dengan calon petahana, Bibit Waluyo, yang dulu berasal juga dari PDI-P, Ganjar mengatakan Pilgub Jawa Tengah akan berjalan seiring dengan masa pengenalan calon legislatif dari PDI-P di setiap daerah. "Mesin partai ini tidak bisa diremehkan," tegas dia.

'Modal' Ganjar

Ganjar menyebutkan ada beberapa keistimewaan di Jawa Tengah yang dapat menjadi 'modal' bagi PDI-P. Keistimewaan itu antara lain adalah struktur partai yang terjaga dan terkonsolidasi. Lalu, ada banyak kader yang menjadi figur di kabupaten/kota di Jawa Tengah, yang turut mengenalkan dia sebagai calon Gubernur dan meyakinkan masyarakat.  

Pencalonannya, ujar Ganjar, juga diyakini bakal didukung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih. Sebelumnya, Rustriningsih juga mengikuti proses penjaringan bakal calon Gubernur Jawa Tengah di PDI-P, namun akhirnya tak mendapat rekomendasi.

"Pemilih akan melihat figur, dan ada rekam jejak yang baik dari pemimpin-pemimpin PDI-P di sini.Itu yang membedakan dengan daerah lain," tegas Ganjar, yang didampingi pasangannya dalam Pilgub, Heru Sutjadmoko. Meski demikian, ulang dia, semua pemilu kepala daerah di beragam daerah akan menjadi bahan evaluasi dan data untuk pemenangannya di Jawa Tengah.

Menurut Ganjar timnya masih mengkaji model kampanye dan pengenalan yang akan dia gunakan. Tapi dia menegaskan istilah blusukan ala Joko Widodo di Jakarta, tidak tepat untuk Jawa Tengah. "Jawa Tengah ini luas sekali, bukan blusukan lagi namanya, tapi jelajah. Itu pasti saya lakukan," ujar dia. Ganjar mengaku sudah mendapat banyak pesan singkat berisi dukungan, dan diakuinya sangat luar biasa. 

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Pilgub Jateng 2013

Editor :

Palupi Annisa Auliani


Anda sedang membaca artikel tentang

Ganjar: Pemenangan Jateng, PDI-P Evaluasi Pilgub Jabar dan Sumut

Dengan url

http://recognizethedanger.blogspot.com/2013/03/ganjar-pemenangan-jateng-pdi-p-evaluasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ganjar: Pemenangan Jateng, PDI-P Evaluasi Pilgub Jabar dan Sumut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ganjar: Pemenangan Jateng, PDI-P Evaluasi Pilgub Jabar dan Sumut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger