Tersenggol Muatan Truk, Jembatan Penyeberangan Ambruk

Written By bopuluh on Sabtu, 01 Desember 2012 | 02.33

SEMARANG, KOMPAS.com - Jembatan penyeberangan orang sepanjang lebih 30 meter di atas ruas tol Tembalang - Srondol, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (1/12/2012) sekitar pukul 13.15 ambruk. Jembatan penyeberangan itu ambruk sebagian akibat bibir jembatan tersangkut muatan truk trailer yang melintas di jalan tol itu.

Adanya jembatan ambruk itu, diperoleh informasi tidak menimbulkan korban. Ketika jembatan itu ambruk, kebetulan tidak ada warga yang melintas di atas jembatan.

Hanya saja, ambruknya jembatan menyebabkan terjadinya kemacetan kendaraan bermotor cukup panjang. Kemacetan itu terjadi di dalam jalan tol maupun di pintu masuk gerbang tol dari arah Srondol yang menuju ke Jatingaleh.

Keterangan dari Polrestabes Semarang, jembatan itu ambruk setelah sisi kanan itu akibat kecerobohan truk bermuatan mesin pemtoong kayu yang ketinggiannya melebihi dari yang disyaratkan. Truk trailer bernomor polisi H 1835 EW itu diperkirakan memuat barang setinggi lebih dari 4 meter.

Sedangkan jembatan penyeberangan yang berada di atas tol dipersyaratkan hanya dapat dilalui kendaraan truk dan bus dibawah ketinggian 4,2 meter. Dari hasil pemeriksaan petugas kepolisian di Polrestabes, sopir truk Rahmat (40) warga Batang, Jawa Tengah, pihaknya juga heran kenapa muatan bisa tersangkut jembatan.

Dia menyebutkan, saat melintasi di bawah jembatan sebetulnya sudah berjalan pelan. Namun, begitu muatannya yang dibawa menyangkut jembatan ternyata gagal dihentikan, truk itu tetap melaju sehingga menyeret jembatan sehingga melengkung dan sebagian ambruk.

Untuk mengurai kemacetan di ruas jalan Semarang - Jatingaleh begitu pula jalan dalam kota Semarang - Srondol, petugas kepolisian dan petugas PT Jasa Marga melakukan penutupan jalan guna evakuasi jembatan.

Semua kendaraan pribadi, truk dan bus yang hendak menuju ke Ungaran akhirnya dilewatkan jalan tol Semarang - Ungaran. Sebaliknya, semua kendaraan yang dari Ungaran hendak masuk kota Semarang lewat Jatingaleh melalui jalan dalam kota yang sehari-hari sudah padat.

Disamping pengaturan lalu lintas, pihak PT Jasa Marga sudah mendatangkan mobil derek berkapasitas besar untuk mengangkat dan mengevakuasi badan jembatan penyeberangan dari tengah jalan. Jalannya evakuasi itu ramai menjadi tontonan masyarakat sekitar lokasi ambruknya jembatan di jalan tol KM 13 ruas tol Tembalang - Srondol, Semarang.

Pengamat transportasi Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno mengemukakan, jembatan yang ambruk akibat tersangkut muatan truk itu bentuk kekonyololan pengelolaan lalu lintas angkutan barang di negeri ini.

"Bagimana bisa truk dengan muatan begitu tinggi itu lolos di sepanjang perjalanan, sampai akhirnya dihentikan oleh jembatan. Sudah banyak terdengar truk yang mengalami rem blong di jalan, biasanya akibat kelebihan muatan," ujar Djoko Setijowarno.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tersenggol Muatan Truk, Jembatan Penyeberangan Ambruk

Dengan url

http://recognizethedanger.blogspot.com/2012/12/tersenggol-muatan-truk-jembatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tersenggol Muatan Truk, Jembatan Penyeberangan Ambruk

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tersenggol Muatan Truk, Jembatan Penyeberangan Ambruk

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger