Delegasi DPR RI Terhadang Demo Besar di Kairo

Written By bopuluh on Senin, 26 November 2012 | 02.33

KAIRO, KOMPAS.com - Kunjungan delegasi DPR-RI yang dipimpin Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq ke Mesir bertepatan dengan demo besar dua kubu pro-kontra Dekrit Presiden Mohamed Mursi.

Delegasi dijadwalkan tiba di Kairo pada Selasa (27/11/2012) pagi pukul 11.00 waktu setempat, yakni hari yang ditetapkan oleh kedua kubu berseberangan itu untuk demo sejuta orang.

Kubu anti-dekrit akan dipusatkan di Bundaran Tahrir, ikon revolusi di pusat kota Kairo, sementara kubu pro-dekrit merencanakan berkumpul di Bundaran Universitas Kairo di Giza, Kairo Barat.

Kubu Islam dari Ikhwanul Muslimin dan Salafi mendukung dekrit, sementara kelompok yang menamakan diri "kubu madani" menolak keras dekrit.

Menurut jadwal, delegasi DPR pada Selasa akan bertemu dengan pimpinan Majelis Syura (MPR), namun tampaknya sulit karena gedung MPR menjadi sasaran demo.

"Kita masih melihat situasi dulu, soalnya besok (Selasa) ada demo di sekitar Majelis Syura," kata Staf Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Kairo Muhammad Nur Salim yang dikonfirmasi ANTARA Kairo, Senin (26/11/2012).

Pernyataan senada diutarakan Staf Fungsi Politik KBRI Kairo Dahlia Kusuma Dewi. "Belum ada konfirmasi dari ketua Majelis Syura, sementara kami telah usulkan besok (Selasa) pukul 14.30," kata Dahlia.

Selain dengan Majelis Syura, delegasi DPR juga diagendakan bertemu dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil Al Arabi, namun lagi-lagi belum jelas. "Rencananya dengan Sekjen Liga Arab, tapi belum juga konfirmasi," kata diplomat muda lulusan Australia itu.

Sebelumnya delegasi menginginkan bertemu pula dengan Presiden Mohamed Mursi dan Perdana Menteri Hesham Qadil, namun tidak terlaksana.

"Awalnya diusulkan bertemu dengan Presiden Moursi dan PM Qandil, namun tidak jadi karena permohonan pertemuannya terlalu mendadak," ujar Dahlia.

Sementara itu, kedua kubu pro-kontra itu masing-masing sedang mengumpulkan kekuatan untuk demo besar hari Selasa tersebut.

Unjuk rasa berlangsung sejak Jumat (23/11/2012) menyusul deklarasi Dekrit Presiden Mohamed Moursi pada Kamis malam. Bentrokan berdarah terjadi di Provinsi Damanhour (156 km utara Kairo) pada Minggu (25/11/2012) menewaskan satu orang dari Ikhwanul Muslimin.

Beberapa kantor Partai Kebebasan dan Keadilan, sayap politik Ikhwanul Muslimin, dibakar massa.  Diduga pembakaran itu dilakukan oleh penyusup dari pendukung Partai Demokrat Nasional (NDP), pimpinan presiden terguling Hosni Mubarak, sebagai balas dendam atas pembakaran kantor pusat DNP di Kairo pada masa revolusi 25 Januari 2011.


Anda sedang membaca artikel tentang

Delegasi DPR RI Terhadang Demo Besar di Kairo

Dengan url

http://recognizethedanger.blogspot.com/2012/11/delegasi-dpr-ri-terhadang-demo-besar-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Delegasi DPR RI Terhadang Demo Besar di Kairo

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Delegasi DPR RI Terhadang Demo Besar di Kairo

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger