BRI Kucuri Geo Dipa Energi dan Peruri

Written By bopuluh on Kamis, 29 November 2012 | 02.33

BRI Kucuri Geo Dipa Energi dan Peruri

Penulis : Didik Purwanto | Kamis, 29 November 2012 | 17:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memberikan kredit ke PT Geo Dipa Energi Persero dan Perum Percetakan Uang RI (Peruri). Kredit tersebut untuk investasi modal perseroan ke depan. Khusus Geo Dipa, BRI memberikan kredit Rp 127 miliar.

Kredit tersebut untuk program revitalisasi dan optimalisasi fasilitas pembangkit listrik tenaga panas bumi di sisi hulu dan hilir untuk PLTP unit Dieng di Jawa Tengah. "Kredit ini bertenor 6 tahun," kata Direktur Kelembagaan dan BUMN BRI Asmawi Syam di Jakarta, Kamis (29/11/2012).

Menurut Asmawi, pendanaan kepada PT Geo Dipa Energi ini merupakan salah satu wujud komitmen Bank BRI dalam rangka mendukung ketahanan energi terutama energi terbarukan serta rendah emisi atau "green and clean energy".

Secara khusus, pendanaan oleh Bank BRI ini diharapkan dapat mendukung PT Geo Dipa Energi yang berdedikasi dalam memanfaatkan efisiensi biaya dan kualitas enviromental dari energi panas bumi.

Saat ini PT Geo Dipa Energi memiliki 2 lapangan Gas Bumi yang berlokasi di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah, dan Patuha di Jawa Barat. Dengan potensial energi yang dapat dihasilkan di masing-masing lapangan mencapai sebesar 400 MW.

Fasilitas ekploitasi geothermal di sisi hulu maupun hilir di lapangan Dieng telah beroperasional sejak 2002 melalui program revitalisasi melalui pendanaan dari BRI diharapkan dapat lebih optimal dalam menghasilkan energi terbarukan dan ramah lingkungan sebelum pengembangan selanjutnya yakni PLTP Dieng unit 2 sebagai bagian dari program Fast Track 10.000 MW tahap 2 yang diupayakan dapat beroperasi pada tahun 2015.

Di sisi lain, BRI memberikan kredit ke Peruri sebesar Rp 500 miliar. Kredit tersebut sebagai investasi mesin perseroan. Kredit tersebut dibagi dua, yaitu untuk kebutuhan investasi mesin percetakan uang sebesar Rp 209,3 miliar dan refinancing mesin percetakan uang pada 2009 hingga 2011 sebesar Rp 40,7 miliar. Masing-masing bertenor 11 tahun.

"Kredit ini merupakan komitmen BRI kepada Peruri yang fokus mencetak uang Rupiah bagi negara," tambahnya.

Pada saat yang sama, BRI juga memberikan fasilitas noncash loan berupa fasilitas bank garansi sebesar Rp 200 miliar, fasilitas penangguhan jaminan impor (LC) sebesar Rp 40 miliar serta fasilitas forex line sebesar ekuivalen sebesar Rp 10 miliar.

Lebih lanjut, dalam penandatanganan perjanjian ini diharapkan ke depannya akan memperluas kepada spektrum kerjasama dalam hal produk dan layanan perbankan lainnya. Secara khusus kerjasama ini diharapkan dapat mempererat kerjasama yang telah terjalin sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi kedua perusahaan.

Editor :

Erlangga Djumena


Anda sedang membaca artikel tentang

BRI Kucuri Geo Dipa Energi dan Peruri

Dengan url

http://recognizethedanger.blogspot.com/2012/11/bri-kucuri-geo-dipa-energi-dan-peruri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BRI Kucuri Geo Dipa Energi dan Peruri

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BRI Kucuri Geo Dipa Energi dan Peruri

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger