Tip Membuat Pangsit China

Written By bopuluh on Minggu, 10 Februari 2013 | 02.33

KOMPAS.com - Salah satu sajian khas China yang sering disajikan saat Imlek adalah pangsit tradisional China atau Shui Jiao. "Keluarga di China biasanya membuat pangsit mereka sendiri di rumah untuk membuat jamuan makanan tradisional yang mewah," ungkap Fuchsia Dunlop, ahli kuliner China sekaligus penulis buku Land of Plenty: A Treasury of Authentic Sichuan Cooking.

Biasanya pangsit ini digunakan sebagai makanan pembuka atau camilan. Namun pangsit bisa menjadi makanan yang menyehatkan dan lengkap gizinya karena sudah mengandung karbohidrat, sayuran, dan daging.

Fuchsia mengungkapkan beberapa tip untuk membuat pangsit tradisional:

1. Gunakan handuk basah
Untuk membuat kulit pangsit, Anda harus mencampur tepung dengan air sampai membentuk adonan yang kalis dan elastis. Kemudian, jangan langsung membentuknya menjadi irisan tipis dan mengisinya. Agar bentuknya lebih bagus dan hasil kulitnya jadi lebih kenyal, sebaiknya istirahatkan adonan terlebih dulu selama 30 menit. Gunakan kain lap basah untuk menutupnya agar adonan tetap lembab dan lembut.

2. Hindari isian yang terlalu basah
"Salah satu hal yang sangat menyenangkan saat membuat pangsit adalah Anda bisa mengisinya dengan apa saja yang Anda sukai," ungkapnya.  Anda bisa mengisinya dengan sayuran, udang, ayam, telur, jamur, kepiting, bahkan daging asap.

Namun, ingat untuk tidak terlalu banyak menambahkan air saat menumis isian. Isian yang terlalu basah akan membuatnya terlalu berarir dan membuat kulit pangsit jadi mudah sobek.

3. Teknik melipat

Hindari memberi terlalu banyak tumisan saat mengisi kulit pangsit. Isian yang terlalu banyak akan membuatnya susah dilipat. Isilah tumisan di bagian tengah lingkaran, kemudian lipat menjadi dua bagian dalam bentuk setengah lingkaran. Setelah terlipat, cubit sedikit bagian atasnya kemudian bentuk lipatan kecil yang rapi.

Sumber: Telegraph

Editor :

Dini


Anda sedang membaca artikel tentang

Tip Membuat Pangsit China

Dengan url

http://recognizethedanger.blogspot.com/2013/02/tip-membuat-pangsit-china.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tip Membuat Pangsit China

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tip Membuat Pangsit China

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger