SBY Berharap Presiden Suriah Mundur

Written By bopuluh on Senin, 07 Januari 2013 | 02.33

BOGOR, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap agar Bashar al-Assad bersedia mundur sebagai Presiden Suriah. Mundurnya Basrah dinilai dapat menghentikan pertumpuhan darah dan konflik di Suriah.

"Diharapkan akan ada satu proses transisi politik agar lahir pemimpin lain yang bisa diterima oleh masyarakat Suriah dan menyayangi rakyatnya," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha seusai pertemuan antara Presiden dengan para ulama di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/1/2013).

Para ulama yang hadir, yakni Syekh Muhammad Ali Ash-Shobuni (Suriah), Ahmad Mujahid Bin Muhammad Ali Ash-Shobuni (Arab Saudi), H. Kechik (Malaysia), H. Salin Hasan Barakwan (Indonesia), Nopel Abdullah Al-Kaff (Indonesia), Abbas (Indonesia), dan Ustadz Kamal Hasan (Indonesia).

Julian mengatakan, jika tidak ada transisi politik, Presiden Yudhoyono khawatir Suriah akan hancur. Padahal, Suriah salah satu pusat peradaban Islam di dunia. Presiden juga berharap agar bantuan kemanusiaan ke Suriah terus dilakukan, bahkan perlu ditingkatkan.

"Presiden sudah berbicara dengan Sekjen PBB, sudah berbicara juga dengan Perdana Menteri Turki, Presiden Iran, dan pemimpin Pakistan untuk mencari solusi yang terbaik menyelamatkan Suriah dari kondisi sekarang, menghentikan konflik di sana dan mengembalikan Suriah. Kita juga berkepentingan untuk menjaga peradaban Islam yang sangat maju dan tua di sana," kata Julian.

Seperti diberitakan, data PBB, konflik Suriah dilaporkan telah menewaskan lebih dari 60.000 orang sejak kekerasan muncul pada Maret 2001 . Angka kematian itu jauh lebih tinggi dari perkiraan terbaru yang dilaporkan aktivis hak asasi manusia anti-rezim Presiden Bashar al-Assad, yang menyebut 45.000 korban tewas.

Harapan untuk menemukan solusi damai di Suriah semakin tipis setelah pembicaraan utusan PBB dan Liga Arab, Lakhdar Bramini, dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergie Lavtrov, di Rusia akhir Desember 2012 berakhir tanpa tanda-tanda kemajuan berarti.

Perkembangan konflik di Suriah dapat diikuti di topik pilihan "Gejolak di Suriah"


Anda sedang membaca artikel tentang

SBY Berharap Presiden Suriah Mundur

Dengan url

http://recognizethedanger.blogspot.com/2013/01/sby-berharap-presiden-suriah-mundur.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

SBY Berharap Presiden Suriah Mundur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

SBY Berharap Presiden Suriah Mundur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger